Jhon Sitorus Prihatin SBY Abaikan Undangan Jokowi, Pilih Upacara di Malaysia, Karena Megawati?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pegiat media sosial Jhon Sitorus melontarkan kritik pedas kepada Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak hadir dalam sidang tahunan MPR RI dan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/08/2022) pagi.

SBY beserta mantan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II justru menghadiri Upacara Bendera HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 di KBRI Kuala Lumpur.

Jhon lantas menyebut sikap SBY ini tak mencerminkan sikap seorang negarawan. Padahal kata dia, Presiden Jokowi pasti mengirimkan undangan kepada SBY agar menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Upacara di Istana.

“Sikap kekanak-kanakan ini menimbulkan preseden buruk bagi generasi berikutnya,” cuit Jhon lewat akun Twitternya @Miduk17, Rabu (17/8/2022).

Bahkan lanjut Jhon, absennya SBY dalam acara besar kenegaraan ini justru mempertajam polarisasi. Padahal, Jokowi sudah berjerih payah untuk menjadi penengah yang baik bagi renggangnya hubungan antara SBY dan Megawati Soekarnoputri.

“Sikap ini bahkan mempertajam polarisasi. Gengnya Cikeas seakan-akan tidak akan pernah rukun dan guyub dengan Megawati. Prihatin,” tegasnya.

Tak sampai disitu, Jhon menyebut keputusan SBY yang justru hadiri upacara di Malaysia menunjukkan pentolan Partai Demokrat itu lebih mengedepankan ego semata.

“Justru banyak yang berlatar belakang militer mengutamakan egonya sendiri. SBY adl salah satu buktinya,” kuncinya.

Sebelumnya, Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menerangkan SBY tengah melawat ke Malaysia.

  • Bagikan